[Book review] Kiat Pendampingan Belajar Saat Pandemi

 

Sampul depan

Judul buku: Kiat Pendampingan Belajar Saat Pandemi

Penulis: Nurul Hidayati, dkk.

Penerbit: Mengubah Semesta, Surabaya

Cetakan: Pertama, Maret 2021

ISBN: 978-623-6022-72-6


Setelah pandemi Covid-19 berjalan setahun dan aktivitas belajar juga bekerja dikerjakan di rumah, rencana pemerintah untuk memulai pemelajaran tatap muka (PTM) disambut gembira oleh banyak pihak.

Memang sih, pemelajaran jarak jauh (PJJ) dirasa membosankan dan penuh tekanan, baik oleh anak maupun orangtua. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di pelosok negeri, yang tidak semuanya memiliki fasilitas memadai untuk PJJ (laptop, hp, sinyal internet). Materi belajar yang disampaikan sulit dipahami karena terhalang jarak.

Tapi, kondisi kesehatan masyarakat yang terbaru, dengan lonjakan kasus Covid-19 usai lebaran (Mei-Juni 2021), membuat uji coba PTM tidak dilanjutkan praktiknya.

Cuplikan tulisan teman saya, Nurul Hidayati, Psi

Buku Kiat Pendampingan Belajar saat Pandemi ini mencoba memberikan solusi dan motivasi di tengah kesulitan belajar saat pandemi, seperti diungkapkan oleh Prof. Dr. H. Parji, M.Pd - guru besar pendidikan ilmu sosial - dalam pengantarnya.

Buku ini ditulis oleh 21 penulis yang semuanya berlatar pendidikan ilmu psikologi, dengan pengalaman dan problem yang beragam, dengan gaya bertutur yang menarik dan mudah dipahami pembaca.

Di sampul belakang, ada rekomendasi Prof. Dr. Anita Lie, M.A., Ed.D, yang merupakan guru besar bidang pendidikan, dan Drs. Amanto Prayudisiono, Psikolog, Ketua Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI) Wilayah Jawa Timur.

Sampul belakang

Kalau Teman-teman berminat membeli buku ini, silakan menghubungi Mbak Nurul di nurul.iedha@gmail.com atau instagram @nurul.iedha

*

Sabtu, 19 Juni 2021, di tanah kelahiran. Ini buku cetak pertama yang saya baca lebih dari setahun terakhir (selama ini saya membaca buku digital saja, karena kondisi belum memungkinkan untuk menyimpan atau mengoleksi buku cetak). Buku Kiat Pendampingan Belajar saat Pandemi ini dihadiahkan salah satu penulisnya, sahabat saya, Mbak Nurul Hidayati, saat mengirim jaket almamater ke alamat saya. Jaketnya saya pinjam (3 Juni 2021) untuk keperluan mengurus (surat keterangan pengganti) ijazah ke kampus 😁

Terima kasih atas kebaikanmu, Mbak Nurul 😘 terus berkarya dan menginspirasi πŸ“š




Comments