Kertajaya Kriuk Kriuk - Snack Alternatif di Antara Jam Makan

Sebetulnya, pola makan sehat itu yang seperti apa, sih?

Ade Cahya St

Apakah harus sayur dan buah, minimalkan konsumsi karbohidrat seperti nasi (atau yang ekstrem, tidak makan nasi samasekali), dan semua tanpa proses pemasakan, atau proses yang diminimalkan untuk menjaga kualitas nutrisinya?

Ade Cahya St

Gak boleh pakai msg?

Ade Cahya St

Suka ngemil, apakah pasti negatif efeknya?

Ade Cahya St

Menjaga pola makan (cukup) sehat, menurutku tidak sulit. Seperti kalau kita mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh suatu institusi dan berlokasi di hotel, dengan akomodasi dan lainnya yang sudah diatur oleh panitia, pola makannya sudah disesuaikan dengan anjuran kesehatan.

Makan utama 3 kali sehari itu, tentunya dengan komposisi gizi seimbang, ya. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. (Serat tidak termasuk nutrisi, tapi dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pencernaan. Jadi, pastikan apa yang kita konsumsi memenuhi semua unsur itu ya, Teman.)

Kegiatan lokakarya (workshop), misalnya, yang biasanya berlangsung 2-4 hari.

Makan pagi mulai jam 7 sampai 8. Setelah itu, mulailah kegiatan inti: bekerja dan belajar.

Jam 10, saatnya coffee/tea break. Manajemen hotel menyediakan kopi atau teh dan aneka cemilan. Ada roti, kue, dan klethikan (yang kalau dikunyah berbunyi klethik-klethik), macam kacang-kacangan atau keripik.

Durasi rehat kopi/teh ini biasanya maksimum 15 menit. Setelah itu, ya back to work. Ngemilnya jangan kelamaan, jangan kebanyakan 😁

Ade Cahya St

Jam 12 sampai jam 1 siang adalah saat makan siang. Energi tubuh harus diisi ulang untuk bekal melanjutkan aktivitas sampai sore hari.

Pada tengah hari ini juga, peserta kegiatan yang muslim dipersilakan menunaikan shalat zhuhur.

Usai makan siang, back to work.

Jam 3 sore adalah coffee/tea break yang kedua (plus shalat ashar). Dst, ya..

Sampai tiba waktu makan malam.

Biasanya, kegiatan lokakarya masih berlanjut sampai jam 8 malam. Lebih panjang dibanding jam kerja standar 9-5. Kalau mau nambah cemilan, bisa lah sedikit ✌🏻

Kurang-lebih, pola makan harianku ya macam itulah. Tiga kali makan utama, dan dua kali ngemil (coffee/tea/milk break 😁).

Memang ya, ngemil buah segar itu lebih sehat. Tapi, sesekali ngemil snack yang digoreng seperti keripik dan kacang-kacangan juga boleh, kok. Kuncinya pada porsi yang wajar aja ya.. karena, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan itu tidak baik.

πŸ₯œπŸŒ°

Kacang-kacangan mengandung protein yang dibutuhkan tubuh kita, ada sedikit kandungan lemak juga pada jenis kacang tertentu, dan lemak dari minyak, kalau kacang itu digoreng.

Seberapa banyak porsi kacang untuk snack di sela jam makan itu, kalau dimakan sebagai teman ngopi atau ngeteh?

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda, tergantung jenis kelamin, usia, bobot badan, dan aktivitas hariannya. Kalau aku ya, cukuplah semangkuk kecil kacang (sekitar 75gram), untuk sekali ngemil (body size 160/52).

Apakah ngemil hanya boleh pada jam rehat kopi? Jam 10 pagi dan jam 3 sore?

Lah kalau aku, bangun pagi sebelum waktu subuh itu seringnya merasa lapar. Kalau pas punya stok cemilan, ya boleh lah langsung ngemil dan minum susu atau kopi (tapi paling baik minum air netral ya.. dalam hal ini jangan tiru aku πŸ€ͺ). Toh, ngemil dini hari juga sedikit dan nggak tiap hari.

Aktivitas yang menuntut gerak fisik (selain aktivitas otak) lebih banyak daripada aktivitas ngemil. Insyaallah, kalori dari snack langsung dibakar untuk gerak.

Sekarang, aku punya alternatif klethikan untuk menemani aktivitas harianku.

Paket snack favoritku, Kertajaya Kriuk Kriuk, belum lama ini mendarat di alamatku. Kacang-kacangan favoritku, juga kerupuk sermier yang dibuat dari singkong (note: sermier adalah sebutan orang-orang kulonan; kalau orang Surabaya menyebutnya samiler), dan emping melinjo pedas manis.

Kiriman Mas Ade Cahya dari Surabaya. Pengemasannya rapi, cukup aman juga pakai bubble wrap. Terima kasih, Mas Ade. Cemilannya enak semua, habis tak bersisa πŸ‘πŸ»

Nb. Bisa nggak ya, kemasannya pakai wadah plastik yang bisa didaur ulang? 😁 ke depannya mungkin bisa dipertimbangkan ya Mas Ade. Sekadar saran.

Teman-teman bisa kontak Mas Ade kalau mau beli ya. Silakan hubungi beliau di Instagram Ade Cahya St


Happy snacking!

Comments

  1. Kalau udah ngemil yg kriuk2 suka males berhenti, pengennya ngemil terus πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. wah aku baca postingan ini pas lagi jam laper nih, hahaha. favoritku selama ini sih kacang telur. tapi itu kacang bali sama kacang thailand-nya juga bikin pengen deh, nyammm

    ReplyDelete
  3. Aku kalo bangun tidur pasti minum air mineral Mbak, ga tau knp suka haus aja gtu. Kalo ngemil sih suka bgt

    ReplyDelete
  4. Mbak disebut Kertajaya aku jadi berpikir ini Snack dari kereta api ya ampun maafkan hihi aku juga suka ngemil pas kerja tapi memang harus kuat jangan sampai bablas hahaha nulis ngga, camilan habis sebaskom

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🀣🀣 Kertajaya nama kelurahan, bagian dari kecamatan Gubeng, kota Surabaya. Tempat tinggal pemilik merk snack ini Dew

      Memang diambil dari nama2 raja atau kerajaan gitu Dew, di daerah ini. Contoh lain: jalan Airlangga dari Prabu Airlangga. Awalnya ya karena Universitas Airlangga berlokasi di sini

      Lalu daerah2 sekawasan dinamai nama2 sejenis (jalan Dharmawangsa, Kertajaya) gitu deh

      Delete
  5. Aku paling suka ngemil pilus gitu hihi sama yang kacang dan keju gitu, ah guilty pleasure ya ngemil ituu kalau buah kurang nendang hihi

    ReplyDelete
  6. Pola makan sebenernya menurutku patokin 4 sehat 5 sempurna, sama jangan lupa olahraga aja. Tapi ya gimana.. banyak makanan yang enak dan terkadang males olahraga juga, dasar aku

    ReplyDelete
  7. Wah aku langsung merapat nih kalau ngomongin makanan! Hehe... Hobinya nyemil tp cita2 kurus huhu...

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting 🌻 I'd love to hear your thoughts here